1 Kembangkan keahlian Anda.

Perancang busana yang sukses memiliki berbagai keahlian, termasuk menggambar, keahlian memilih warna dan tekstur, kemampuan untuk memvisualisasikan konsep dalam tiga dimensi, dan juga ketrampilan mekanis di antaranya menjahit dan memotong berbagai jenis bahan.

  • Dapatkan pelatihan menjahit jika Anda belum pernah mempelajarinya dengan baik. Kemampuan menjahit kain yang rumit dalam situasi menantang akan menjadi penopang karier, tetapi Anda butuh latihan. Bagi banyak orang, menjahit adalah keterampilan yang tidak mudah dipelajari.
  • Pahami bagaimana kain bergerak, jatuh, bernapas, bereaksi ketika dipakai, dsb. Pengetahuan mendalam tentang kain sangat penting untuk digunakan secara tepat dalam merancang busana. Anda juga harus tahu di mana bahan-bahan itu bisa diperoleh.
  • Pelajari para perancang mode yang sudah berkecimpung di dunia ini, tidak hanya tentang siapa mereka, tetapi juga latar belakang mereka, ciri khas rancangan mereka, pendidikan yang mereka tempuh, dan di mana mereka belajar. Pengetahuan ini menunjang kemampuan Anda sendiri karena Anda dapat meminjam dan mengembangkan ide mereka.
  • Pelajari cara membuat alur rencana dan jenis-jenis produk. Tingkatkan keahlian dalam memperhatikan tren melalui media, perbandingan harga, dan pameran.
  • Mulailah mengembangkan keahlian sejak usia dini. Bersiaplah mencurahkan berjam-jam untuk menyempurnakan keterampilan. Jika Anda merencanakan karier di bidang ini, latihan sedikit setiap hari lama-kelamaan akan memberi Anda pemahaman mendalam tentang mode. Berusaha melakukan semuanya sekaligus mungkin akan membuat Anda berkecil hati.

2 Pelajari lebih banyak hal.

Jika memungkinkan, sebaiknya Anda mengambil diploma atau gelar dalam bidang mode atau program lain yang terkait dengan mode. Anda akan mempelajari banyak hal, mendapatkan kontak awal yang sangat baik, dan mendapatkan banyak kesempatan untuk memamerkan karya dalam lingkungan yang lebih mendukung (meskipun tetap harus siap dikritik! Lakukan salah satu (atau kedua) hal berikut ini:

  • Mengambil pendidikan untuk mendapatkan gelar dalam desain mode. Umumnya program tersebut diselesaikan dalam waktu tiga atau empat tahun. FIDM dan Parsons adalah dua sekolah desain yang paling terkenal di Amerika Serikat. Anda akan belajar menggambar, warna dan komposisi, pembuatan pola, dan menata kain.[1] Selain mempelajari keahlian praktis tersebut, Anda juga akan bekerja dengan pakar mode yang mungkin akan menjadi kontak penting yang berguna di kemudian hari, mereka juga dapat memberikan saran dan masukan terhadap karya Anda langsung dari pengalaman mereka sendiri.
  • Mendaftar untuk magang. Jika Anda tidak berminat untuk menempuh pendidikan formal atau jika Anda berpikir pengalaman dunia nyata lebih bermanfaat, carilah tempat magang di perusahaan mode. Anda memerlukan portofolio mengagumkan untuk mendaftar dan siap memulai dari bawah karena para pekerja magang biasanya diberi pekerjaan remeh seperti menyiapkan minuman. Sekali lagi, jaringan yang dibangun dari kerja magang akan sangat membantu saat Anda menekuni karier dalam dunia mode, dan bekerja dengan orang-orang profesional dalam industri mode akan memberikan kesempatan untuk mempelajari keterampilan langsung dari ahlinya.